by

“100 Saja yang Menjadi Hafiz Berkahlah Sumut Ini, ” kata Gubsu

Wanita Medan. com – Gubsu Edy Rahmayadi bilang begini, 100 saja dari ratusan anak ini menjadi hafiz berkahlah Sumut ini.”  Katanya pada Workshop Menghafal Al Quran Metode Gaza yang diselenggarakan Pengurus Daerah Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Sumut, di Aula Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan.

Workshop ini diikuti oleh ratusan jemaah yang berasal dari beberapa majelis taklim yang ada di Kota Medan, para guru Sekolah Islam dan Taman Pendidilan Al Quran. Tujuan workshop ini adalah untuk membantu para guru dalam memahami metode Tahfizul Quran ala Gaza.

Pemateri pada acara ini adalah Syeikh Dr Luay Sa’aduddin yang merupakan pengajar Darul Qur’an Wa Sunnah Gaza. Syeikh Luay menyampaikan beberapa hal tentang metode atau cara cepat menghafal Al Qur’an.

“Metode yang digunakan dengan cara membaca dan mengulang bacaan Al Quran, lalu metode guru membacakan kepada murid, dengan mencontohkan apa yang dibacakan oleh guru. Metode ini sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Berdasarkan Al Quran dan As-Sunnah metode ini digunakan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW ketika wahyu pertama dari Allah SWT turun yaitu Surah Al-Alaq,” ujarnya.

Selain itu juga ada metode mendengarkan dan menirukan audio secara berulang ulang. Namun ditekankannya, pentingnya meluruskan niat dengan hanya mengharapkan ridho Allah SWT.

“Nasehat saya perbanyaklah sabar dan berupaya meninggalkan kemaksiatan sekecil apa pun itu. Yakinkan diri bahwa jalan yang akan kita tempuh itu panjang dan banyak ujian dan godaan. Maka di sinilah perlunya kesabaran dan wakafkan diri kita untuk menjadi penghafal quran,” pungkas Gubsu (wm/ evi)

Berita Terbaru