Perwiritan Al Jannah tadarusan

Wanita Medan.com – Memasuki hari keempat bulan suci Ramadhan, pelaksanaan shalat zuhur di Masjid Raya Al Mahsun Medan berlangsung khidmat.. Meski tidak ada ceramah usai shalat zuhur,namun aktivitas keagamaan nampak berjalan sempurna.

Sebab, para jamaah yang sudah menantikan pelaksanaan shalat berjamaah hadir sebelum seruan azan. Selesai shalat berjamaah, masing-masing jamaah mengambil posisi dengan meninggalkan barisan syaf shalat. Kaum ibu yang berada pada sisi belakang dan kaum bapak di sisi depan, terpisah dengan skat memanjang berwarna hijau.

Sejuknya ruangan masjid, tidak mempengaruhi keinginan jamaah untuk melanjutkan ibadah. Selain shalat sunnah berjamaah, terlihat ada yang membaca Al Quran.

Nampak sekelompok kaum ibu duduk membuat formasi lingkaran. Mereka adalah pengajian dan perwiridan Nur Jannah Al Mansun. Mereka tadarus Al Quran mulai jam 11 hingga jam 14.00 diikuti puluhan peserta yang kebanyakan sudah sepuh.

Menurut Ketua Pengajian dan Perwiridan Al Mansun, Titi Ariani, peserta tidak dibatasi pada warga di lingkungan masjid saja. Tetapi terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung.

“Dulu kami pengajian di rumah penasehat ( Hj Martini),tetapi akhirnya diputuskan di Masjid Al Mahsun setiap hari Kamis. Pengajian juga menghadirkan penceramah yang dilaksanakan pukul dua siang. Sejak kegiatan di Masjid Raya, jumlah anggota ada 60 orang. Kemudian, mengisi kegiatan bulan Ramadhan, kamipun melaksanakan tadarus Al Quran,”katanya.

Membaca dan mendengarkan bacaan Al Quran kata dia, untuk memanfaatkan waktu dan mengisi bulan Ramadhan dengan yang bermanfaat untuk mendapatkan pahala. Adapun pahala dan manfaat membaca Al Quran,antaranya, sebagaimana disampaikan Umar Bint Khatab bahwa Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Sesungguhnya Allah mengangkat dengan kitab ini derajat suatu kaum dan merendahkan dengannya yang lainnya.” (HR. Muslim)

Demikian juga jamaah lainnya, usai shalat mereka tak langsung meninggakan masjid. Tampak mereka membaca Al Quran dari handphone maupun Al Quran yang memang banyak disediakan BKM Masjid Al Mahsun. (evi)

 

Loading...