wanitamedan.com- Pelaksanaan ibadah haji tahun ini,sebanyak 2.283 orang Jamaah calon haji (Calhaj) Kota Medan, siap untuk diberangkatkan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci pada musim haji tahun 1440 H /2019 M.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Medan, H. Mashudi. S.Sos, M.AP pada kegiatan Manasik Haji Akbar jemaah calon haji Kota Medan di Asrama Haji Medan, Kamis (4/7/2019).

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Medan mengatakan, Kantor Kementerian Agama kota Medan melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, melaksanakannya manasik haji akbar se Kota Medan yang diikuti oleh seluruh jemaah yang akan menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun 1440 H yang berasal dari 21 kecamatan yang ada di kota Medan, berlangsung di komplek Asrama Haji Medan tanggal 3 dan 4 Juli Tahun 2019.

Mashudi menambahkan, dalam pelaksanaan peragaan/ bimbingan manasik haji Akbar Kota Medan, yang berlangsung selama 2 hari selain teori tentang ibadah haji, dipaparkan para pembimbing ibadah haji yang tergabung Forum Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Kota Medan, juga peragaan lapangan seolah olah suasana di tanah suci, yakni ke Muzdalifah, juga Arafah dan Mina hingga tawaf mengelilingi Ka bah, dan Sai .

“Hal itu dilakukan para calon jemaah haji untuk mengetahui tentang tahapan-tahapannya dan memantapkan kembali apa yang telah mereka peroleh selama manasik di KBIH maupun manasik oleh KUA Kecamatan se kota Medan,” ungkap Mashudi.

”Dengan pemantapan peragaan manasik haji yang dilakukan, selain mengetahui rute-rute yang akan mereka kerjakan di tanah suci, sekaligus bersosialisasi dengan para jemaah asal kota Medan yang tersebar di 13 kelompok terbang dari 22 kloter embarkasi Medan,” sebut Mashudi.

Menyinggung persiapan paspor calon jemaah haji kita Medan, Mashudi mengatakan, sudah rampung 99% dimana paspor jamaah tersebut telah dikirimkan ke Kanwil Kemenag Sumut untuk diproses ke Jakarta, untuk mendapatkan visa Haji, sehingga diharapkan jemaah asal kota Medan tidak akan terkendala dalam mendapatkan visa Haji dan dapat diberangkatkan sesuai dengan pembagian kelompok terbang.

Embarkasi Medan pada musim haji tahun ini akan memberangkatkan 8.466 calon jemaah haji, termasuk petugas kloter. Mereka tersebar di 22 kelompok terbang dan setiap kloter terdiri 393 orang jemaah.

Untuk kloter pertama, jemaah adalah asal kota Medan, masuk asrama haji pada tanggal 11 Juli dan kelompok terbang pertama akan dilepas keberangkatan menuju Madinah Arab Saudi pada 12 Juli malam hari.(wm01)

Calhaj Kota Medan di kegiatan Manasik Haji Akbar Kota Medan.
Loading...