by

4 Pesan Prof Ibnu Hajar Dihadapan Mahasiswa Pascasarjana UMSU

Wanita Medan.com – Mantan Rektor UNIMED Prof. Ibnu Hajar Damanik mengatakan, menjadi mahasiswa program Pascasarjana berbeda dengan S1

” Program magister harus mampu dibentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki 4 hal penting,” kata Prof Ibnu Hajar pada sosialisasi perdana perkuliahan megister di Kampus Pascasarjana UMSU Jalan Denai, Jumat (23/10- 2020).

Empat hal tersebut, kata Prof Ibnu pertama, kemampuan berpikir kritis, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi bukan lisan dan tulisan saja tapi juga komunikasi dalam ber – IT kemudian kemampuan kolaborasi, membangun kerjasama, jaringan.

“Hari ini kekhususan orang, kalau dia mampu membangun jaringan dia takkan tertinggal dengan pergerakan perubahan ini yang terakhir, bagaimana menjadi orang yang kreatif jangan menunggu, jangan hanya meminta . Lulusan kita didisain bagaimana menghasilkan ide- ide baru. Itu baru kreatifitas,” jelas Prof Ibnu.

Oleh karena itu, Prof Ibnu berpesan, pada pengajar di program magister UMSU ajarkan 4 hal tersebut.

” Karena dengan begitu kita siap menghadapi dinamika globalisasi di era 4.0 ,” tegas Prof Ibnu.

Menurut Prof Ibnu, apa yang dilakukan UMSU hari ini harus diikuti oleh perguruan tinggi lainnya.

“Rancangan ini sudah ada, tinggal mengikuti saja, agar mampu menjadi master dengan kemampuan 4 hal tersebut,” pungkas Ibnu.( evi)

 

 

 

Berita Terbaru