by

5.763 Mahasiswa Baru UINSU Ikuti PBAK Virtual

Wanita Medan.com– Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi 5.763 mahasiswa baru secara daring dari Aula Utama UIN SU Jalan Willem Iskandar Medan, Senin (19/10 – 2020). Orientasi ini bertujuan memahamkan cara belajar dan karakter mahasiswa Islam di kampus UINSU.

Wakil Rektor UINSU Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof Dr Amroeni Drajat, MAg selaku ketua panitia PBAK menyampaikan, 5.777 mahasiswa baru UINSU yang berasal dari lima jalur penerimaan tersebar di delapan fakultas dengan rincian dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) 1.777 mahasiswa baru, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 993, Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) 762, Falultas Sains dan Teknologi (FST) 684, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) 463, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) 456, Fakultas Ilmu Sosial.(FIS) 321 dan Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam (FUSI) 307 mahasiswa baru.

PBAK yang mengangkat tema “Mengenalkan dan membangun budaya akademik kampus dan menyiapkan mahasiswa yang profesional, religius dan berakhlakul karimah” ini digelar hari Senin dan Selasa (19-20/10- 2020). Hari pertama tingkat rektorat dan hari kedua untuk masing-masing fakultas. “Tujuan orientasi ini agar mahasiswa memahami cara belajar di UIN SU,” terang Amroeni.

PLT Rektor UINSU Prof. Syafaruddin memberikan kata sambutannya.

Pelaksana Tugas (Plt) Rektor UINSU Prof Dr Syafaruddin, MPd menyampaikan selamat datang di kampus juara bagi ribuan mahasiswa baru. Dia mengharapkan melalui pengenalan budaya akademik memberikan pengetahuan baru bagi mahasiswa baru sehingga mampu mewujudkan tridharma perguruan tinggi dan kelak menjadi sarjana yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Ia menekankan, kampus ini komitmen sebagai pengembang akidah. “Artinya, UIN SU sebagai pengembang akidah, konsisten membangun kampus yang bertauhid, menjalankan Tridharma dengan manajemen yang baik. Meminta pertolongan kepada Allah dengan sabar dan salat serta mengejar akhir namun tidak melupakan dunia,” terang Prof Syafar.

Terkait keseimbangan dunia dan akhirat, lebih jauh ia menjelaskan bahwa hal itu direalisasikan dengan mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan ilmu agama yang berbasis Al Qur’an dan hadis secara prinsip. Lalu secara esensial setiap ajaran Islam harus menjadi bagian dalam nilai-nilai dan perjuangan dalam menuntut ilmu bagi mahasiswa di kampus. Dijelaskannya, unsur Iptek, seni, kebudayaan serta imtak menjadi vital, terkhusus untuk mewujudkan UIN SU sebagai kampus kelas dunia dan kontribusi untuk kemajuan bangsa.

“Diharapkan mahasiswa mengenali kampus secara komprehensif baik budaya akademik dan kegiatan kemahasiswaan dioptimalkan secara daring, karena sehubungan masih dalam situasi pandemi Covid-19,” pungkasnya.

PBAK secara virtual

Usai dibuka secara resmi oleh Plt Rektor UINSU, PBAK dilanjutkan dengan paparan materi terkait budaya akademik, administrasi dan kemahasiswaan dibawakan narasumber Prof Dr Amroeni Drajat dan Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr Muhammad Ramadhan, MA. Paparan membahas esensi mahasiswa dalam kajian keislaman. Yaitu mahasiswa sebagai orang yang menuntut ilmu, manusia yang kritis dan orang yang memiliki rasa ingin tahu tinggi, nilai tersebut yang harus menjadi karakter mahasiswa UIN SU. Selain itu, juga dipaparkan tentang hak dan kewajiban mahasiswa serta larangan dan sanski disiplin.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dalam video siaran pada PBAK tersebut mengharapkan UINSU mampu mengembangkan mahasiswa secara mental, spritual hingga terbentuk manusia yang religius dan nasionalis. Selain itu agar UIN SU tetap menjadi center of excellence. Ia membahas pentingnya pengembangan pendidikan sehingga kelak impian Sumut menjadi provinsi maju, aman dan bermartabat dapat terwujud. Ia meyakini dengan pendidikan baik mampu menghasilkan sumber daya manusia yang paripurna, mandiri dan berdaya saing.

Usai paparan materi budaya akademik pada PBAK tersebut, dilanjutkan dengan paparan bidang kemahasiswaan yaitu pengenalan unit kegiatan khusus dan unit kegiatan mahasiswa (UKK/UKM) kepada mahasiswa baru. Pengenalan berupa penyiaran video profil UKK/UKM yang ada di kampus Islam ini meliputi LPM Dinamika, KSR PMI, Mapasta, Pramuka, LDK Al-Izzah, Paskibra, Koperasi Mahasiswa (Kopma), LKSM, Resimen Mahasiswa dan Ukomi.

Paparan unit kegiatan kemahasiswaan ini dilanjutkan dengan penyerahan mahasiswa baru dari Plt Rektor UINSU dan para wakil rektor serta Kepala Biro AAKK Dr H Dur Brutu, MAg kepada dekan masing-masing fakultas. Ditandai dengan penyerahan pataka atau bendera masing-masing fakultas. Pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan ini dilanjutkan, Selasa (20/10 – 2020) di masing-masing fakultas. ( evi)

Berita Terbaru