by

Aptisi Sumut Dilantik, Pengurus Pusat Minta Tim Harus Orang yang Unggul

Wanita Medan.com –
Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Pusat Prof Dr H M Budi Djatmiko MSi MEI melantik pengurus Aptisi Wilayah I Sumut periode 2021-2025, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (10/1/2022).

Pengurus Aptisi Sumut yang dilantik diketuai Dr H Muhammad Isa Indrawan SE, MM, Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi.(Unpab) Medan.

Pelantikan dihadiri Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, mewakili Pangdam I Bukit Barisan, Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional III, Komandan Pangkalan Utama TNI AL I, Kajati Sumut, Kepala LLDikti Wilayah-1 Sumut Prof Ibnu Hajar, Kadis Pendidikan Sumut Prof Dr Syaifuddin MA dan Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik

Ketua Umum Aptisi Pusat Prof Dr H M Budi Djatmiko dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Dr Bahdin Nur Tanjung dan tim yang telah sukses memimpin Aptisi Sumut selama tiga periode sehingga perguruan-perguruan tinggi di wilayah Sumut terus meningkatkan prestasi.

Sedangkan kepada pengurus baru, Budi meminta agar melibatkan semua kampus dalam kepengurusan Aptisi agar tumbuh rasa memiliki untuk bersama-sama memajukan Aptisi. Dengan demikian kampus-kampus di wilayah Sumut akan jauh berkembang lebih bagus dibanding provinsi-provinsi lainnya.

“Saya berharap, di kepengurusan baru Aptisi Sumut ada tim-tim yang khusus menangani masalah. Contohnya ada yang menangani penelitian dan pengabdian masyarakat serta akreditasi. Ini harus dikolaborasi, sehingga ketika perguruan tinggi menghadapi proses akreditasi, tim ini bisa jadi tempat bertanya. Secara pribadi saya siap membantu bagaimana menyukseskan itu semua,” kata Guru Besar Universitas Negeri Surabaya ini.

Budi kemudian meminta Ketua Aptisi Sumut yang baru Isa Indrawan bisa memilih tim yang unggul, yakni orang-orang yang mau berpikir banyak, mampu menganalisis semua permasalahan yang ada di kampus dan Sumut. Dengan demikian bisa dibuat perencanaan dan hal-hal apa yang hendak dilakukan di Sumut.

“Jika sudah memiliki visi dan misi tentu saja Bang Isa Indrawan memiliki blue print dalam waktu empat tahun ke depan apa yang mau dilakukan. Dan semua perguruan tinggi sepakat menuju sasaran yang ingin diwujudkan bersama. Yakni salah satunya kualitas,” katanya seraya menambahkan perguruan tinggi saat ini berlomba-lomba mengejar akreditasi sehingga lupa mengeluarkan ijazah lulusan.

Sedangkan Gubsu Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengajak pengurus Aptisi Wilayah I Sumut yang diketuai H Muhammad Isa Indrawan, untuk berkolaborasi mencari mahasiswa-mahasiswa yang berbakat setelah menamatkan kuliahnya untuk menyalurkan ilmunya di masyarakat. Sebab, Sumatera Utara yang memiliki 211 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan mewisuda 60 ribu mahsiswa setiap tahunnya, pasti ada yang lulus cumlaude. Mereka adalah mahasiswa berbakat di bidangnya,diharapkan dapat mengembangkan ilmunya yang berguna untuk masyarakat.

”Sumatera Utara yang memiliki 33 kabupaten/kota sangat membutuhkan manusia yang memiliki SDM tinggi, yang tentunya datang dari kalangan mahasiswa. Untuk itu, mulai saat ini saya mengajak sekaligus mengharapkan melalui Aptisi agar terus mencari mahasiswa yang bisa membangun kabupaten/kota di Sumut, melalui ilmu yang diperolehnya di kampus dengan memiliki prestasi yang mumpuni,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Aptisi Wilayah I Sumut, Drs H Muhammad Isa Indrawan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh rektor Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Sumut dan pimpinan yayasan yang telah mempercayakannya memimpin Aptisi Wilayah Sumut periode 2021-2025.

“Saya akan berusaha, dan bekerja keras menjaga kepercayaan ini, dan bertanggung jawab demi kemajuan Aptisi di Sumut. Tentu upaya saya ini tidak ada artinya jika hanya sendirian, saya membutuhkan bantuan, dukungan, dan kontribusi dari seluruh anggota Aptisi Wilayah Sumut agar program kerja, dan terobosan peningkatan kualitas pendidikan PTS di Sumut dapat terwujud secara optimal,” ujar Rektor Unpab Medan ini.

Seperti.diketahui, Musyawarah Wilayah Aptisi Sumut diadakan di Hotel Madani Medan pada 12 November 2021. Saat itu Dr H Muhammad Isa Indrawan MM terpilih secara aklamasi menggantikan Dr H Bahdin Nur Tanjung SE, MM.

Adapun pengurus harian Aptisi Wilayah I Sumut periode 2021-2025 yang dilantik, Dr H Muhammad Isa Indrawan SE MM sebagai ketua, Dr Wardayani SE MSi (wakil ketua organisasi, hubungan internal dan luar negeri), Dr Rudianto SSos MSi (wakil ketua pembelajaran dan akademik), Prof Dr Chrismis Novalinda Ginting MKes (wakil ketua sumber daya manusia), Dr Masdalifa Pasaribu Skep Ners SKM MKes (wakil ketua dana dan usaha).

Selanjutnya Dr Sri Rezeki SE MSi (wakil ketua kemahasiswaan dan kewirausahaan), dr Hj Liliana Puspa Sari MKes (wakil ketua riset dan abdimas), Dr Yanhar Jamaluddin MAP (wakil ketua jurnal dan publikasi ilmiah), Prof Dr Dadan Ramdan MEng MSc (wakil ketua akreditasi dan penjaminan mutu).

Kemudian Dr Pahala Sirait ST MKom (wakil ketua sistem informasi), Dr Arnaldo Marulitua Sinaga ST MInfo Tech (wakil ketua humas, publikasi dan dokumentasi), Prof Dr Tarmizi SH MHum (wakil ketua hukum dan advokasi) dan Ns Rahmad Gurusinga SKep MKep (wakil ketua pengembangan karir).

Sedangkan Sekretaris Aptisi Sumut adalah Supriyanto SP MSi, Wakil Sekretaris Umum Dr Ferial Faesha Sirait SE MSc, Ir Bhakti Alamsyah MT PhD, Dr Ade Gunawan SE MSi, Sontina Griche Tambunan SE, Hj Endang Maryanti SKM MSi, Ainul Rakhman Tarigan SKed, Muhammad Darwis SPd MPd, Afridayanti Surbakti SE MSi, Sahat Manomu Marbun SKom MKom, Sahat Sonang Sitanggang MKom, Surya Hendra Putra SE SKom MKom dan Nabila Paramita SH.

Lalu Bendahara Aptisi Sumut kembali dijabat Dr Siti Nurmawan Sinaga SKM MKes. Sedangkan wakil bendahara terdiri Dr Hj Emmy Erwina MA, Mestiana Br Karo (Sr Felic) SKep NS MKep DNSc, Dr Samsul Bahri MSi, Herna Rinayanti Manurung MKes, Said Rizal SHI MA, Seriga Banjarnahor SKep Ns MARS, Herlina Simanjuntak SST MKes, Dirhamsyah SE MSi, Dr Rahmat Hidayat MA, Suharto SKM MKes, Wanra Tarigan ST MKom dan Rakhmadani Sari SE MM.
(evi)

Berita Terbaru