Bangun tidur

Wanita Medan.com – Bangun tidur, duh ga banget deh. Rambut awut-awutan, “iler” dimana-mana, belekan, kentut, belum lagi bau mulut. Duh ga ketulungan baunya. Tapi tunggu dulu, kata ahli kesehatan itu menandakan tubuhmu sehat. Lho kok bisa. Ini penjelasannya, dikutip dari Rider’s Digest, Selasa (12/2/2019).

Kotoran mata atau belekan merupakan tanda kamu sudah tidur dengan nyenyak semalam meski terasa agak mengganggu ketika bangun tidur. Belekan berarti mata masih terlindungi dan bekerja dengan baik meski saat tidur.

“Kotoran mata adalah kombinasi dari debu, lendir alami dan sel-sel kulit. Saat tidak sedang tidur, ini terhanyut oleh air mata, tetapi ketika tidur, itu menumpuk,” kata dr David Greuner, ahli kesehatan dari New York, dikutip dari Health’s Digest.

Ketika merasa mulut sangat bau saat bangun tidur, tidak perlu khawatir. Sebab, mulut mungkin hanya mengalami reaksi sehat terhadap tidur nyenyak.”Air liur, yang menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut, berkurang secara signifikan ketika kita tidur. Ini menyebabkan mulut jadi kering dan bakteri menumpuk di lidah dan gigi, menyebabkan napas ‘bau’ di pagi hari,” tutur dr Greuner

Selama kamu rajin membersihkan gigi dan mulut, sedikit bau mulut di pagi hari adalah tanda tubuh masih bekerja dengan normal.

Mungkin akan terdengar menjijikkan, apalagi jika tidur bersama orang lain. Namun, sedikit gas atau kentut di pagi hari adalah tanda sistem pencernaan yang sehat.

Kentut di pagi hari berarti sistem pencernaan tetap berada di jalurnya yang normal. Hal ini berarti kamu sudah cukup makan sayur dan buah.

Seperti halnya kentut, bersendawa di pagi hari juga menjadi tanda sistem pencernaan yang sehat. Mungkin kamu akan berasa itu memalukan, tetapi tidak perlu malu tentang respons tubuh yang normal ini. Pada malam hari, perut bekerja untuk mencerna makanan apapun. Sehingga ketika bangun di pagi hari, bersendawa sangat normal karena mendekompres semua udara di perut dari semalaman.

Nah, sudah jelaskan Wanita, sekarang tak usah malu-malu lagi kalau wajahmu nampak jelek di pagi hari. Itu artinya semua organ tubuhmu bekerja dan mengeluarkan hasilnya di pagi hari. Satu lagi jangan lupa doa bangun tidur, karena sesungguhnya hidup dan matimu hanya di tangan Allah SWT. (wm/evi)

 

Loading...