by

Baru 200 UMKM di Medan Bersertifikasi Halal

Wanita Medan.com – Ternyata sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) baru berkisar 200 an. Padahal sertifikasi halal ini sangat diperlukan agar produk UMKM bisa berdaya bersaing dengan produk dipasaran.

“Program sertifikasi halal khusus tahun ini baru diikuti 200 UMKM Medan. Padahal ada sekira 2.000 an UMKM di Medan. Program ini merupakan kerjasama kita dengan Dinas Koperasi dan UMKM Medan,” ujar Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan, M Hatta

Padahal program sertifikasi halal ini dibiayai Dinas Koperasi dan UMKM Medan. Dalam sertifikasi ini, jenis produk yang paling banyak dapat sertifikasi halal, produk industri rumah tangga maupun koperasi yang dikelola oleh kelompok-kelompok kecil dan dipasarkan di toko-toko kecil maupun retail.

“Kriteria yang bisa mendapatkan sertifikat halal dari MUI ini, semua jenis produk makanan dan minuman. Tapi biasanya terbatas pada produk cemilan dan makanan ringan,”ujarnya.

Dalam tahapan sertifikasi ini ujar Hatta, belum tentu dilakukan melalui sidang para ahli untuk meyakinkan produk yang diragukan kehalalannya. “Tapi jika auditor ragu, baru dilakukan proses laboratorium,”katanya.

Hatta pun mengajak sekaligus menghimbau agar para pelaku UMKM segera mengurus sertifikasi halal. Karena sertifikasi ini sangat memiliki peranan dalam menenangkan hati konsumen. Sedangkan untuk target, MUI Medan mengaku tidak memberikan target. Karena pihaknya hanya bisa mengajak dan menghimbau.

“Kita sebetulnya tidak punya target. Kita harapkan makanan yang beredar halal dan higienis. Kita juga lakukan penyuluhan jajanan anak-anak agar tidak mengandung zat kimia. Kita minta sertifikat halal ini menyelamatkan generasai muda dari yang tidak halal menjadi yang baik dan halal,” pungkasnya.(WM.02)

Berita Terbaru