Wanita Medan.com – Pertemuan Peningkatan Komitmen Kesatuan Gerak PKK (KKBPK) Kesehatan Tingkat Provinsi Sumut berlangsung,Senin(30/9 -2019)
di Cambridge Hotel, memperkuat rencana PKK Provsu,merealisasikan 10 Dasa Wisma PKK (Program Pokok PKK),menuju keluarga sejahtera.

Kegiatan mengusung tema “Kita gerakkan keluarga dan masyarakat hidup sehat menuju Indonesia sejahteraan BKKBN bersama PKK terus berkomitmen untuk menggerakkan masyarakat meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat dan kesehatan,berlangsung lancar.

Reza Pahlevi, Sekretaris TP PKK Provsu,menyampaikan bahwa PKK merupakan mitra kerja BKKBN yang sampai sekarang masih tetap bersinergi menjangkau seluruh lapisan masyarakat di setiap tingkatan wilayah untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas keluarga Indonesia.

Sesuai dengan tugas pokok PKK terkhusus poin 7,9,10 yakni tentang Kesehatan, Kelestarian Lingkungan dan Perencanaan Sehat diharapkan PKK mampu menjadi motor penggerak partisipasi bagi pemerintah dan pihak swasta sesuai dengan otonomi daerah masing-masing.

“Di samping meningkatkan komitmen stake holder terkait dalam program kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi stimulus dalam meningkatkan jumlah peserta KB aktif dan peserta KB baru, meningkatkan jangkauan kualitas pelayanan KB sampai kepada faskes yang sulit dijangkau dan meningkatkan ketahanan keluarga melalui kegiatan tribina, yakni Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL),”katanya.

Sebelumnya,Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Temazaro Zega, menguraikan tentang pentingnya program KB yang dimana bukan hanya tentang membatasi jumlah anak tetapi lebih kepada meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak. Seperti yang diketahui bahwa angka kematian Ibu dan anak di Sumut masih sangat tinggi dan diharapkan dengan ber-KB, angka kematian ibu dan anak dapat ditekan karena lebih bisa memperhatikan tentang kesehatan reproduksi bagi perempuan.

“Sinergitas antara PKK, IBI, Dinas Kesehatan, Dinas PMD dan stakeholder lainnya tetap terpelihara dan kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti diceremonial tetapi lebih bisa mengakses masyarakat yang sulit menjangkau faskes dalam pelayanan KB sehingga pelayanan KB dapat bisa terpenuhi di setiap tingkatan wilayah,”katanya.

Ketua TP PKK Provsu, Hj.Nawal Lubis dalam sambutannya mengajak setiap pengurus PKK di tingkatan wilayah untuk memberhasilkan pengelolaan dasawisma dan Program KKBPK untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kualitas kesehatan keluarga Indonesia.

“Harapan besarnya, hasil nyata dari kegiatan ini ditunggu karena Program KKBPK dan Dasa Wisma adalah program yang berkaitan erat mempersiapkan dan memberdayakan masyarakat,” ungkapnya.(wm01)

Loading...