Wanita Medan.com – Lucu, seru dan membanggakan. Pemandangan itu terjadi mana kala 135 orang siswa SMA berprestasi kota Medan, berkumpul dan mendapatkan piagam serta piala. Mereka baru saja menjuarai Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang berlangsung selama dua hari Selasa – Rabu 10 – 11 Maret 2020 di SMA Negeri 1 Medan.

Serunya, setiap kali, dewan juri mengumumkan nama pemenang, sorak sorai langsung membahana di aula SMA 1 lantai 2 itu. Terutama pelajar SMA Sutomo Medan. Setiap kali diumumkan pemenangnya anak SMA Sutomo 1 Medan, langsung bersorak sorai kegirangan.Apalagi kalau nama salah satu siswanya disebutkan ketua dewan juri. !Wuiiih meriah euy!

Para kepala sekolah yang hadir hanya bisa senyum- senyum melihat kelakuan anak- anak Sutomo tersebut. Maklum saja sekolah Sutomo adalah langganan juara terbukti tahun ini SMA 1 Medan kembali dinobatkan menjadi juara umum di KSN 2020.

Ada juga peristiwa lucunya,, ketika panitia mengumumkan yang meraih emas pada bidang studi biologi siswa Sutomo yang secara kebetulan bernama sama Vincen.

Pasalnya, Vincen satu iini yakin dia yang dapat emas . Eh, ternyata Vincen temannya. Padahal keduanya telah melakukan selebrasi dengan saling berpelukan dan berangkulan satu sama lain.Ternyata bukan dirinya mendapatkan emas. Dirinya hanya mendapatkan perak.Bukan main kecewanya Vincen yang satu itu.Hiks.Hal itu nampak meski medali perak sudah dikalungkan di lehernya, ekspresi kecewa nampak jelas di wajahnya.

Persis seperti diungkapkan Ketua Panitia Buang Agus dalam sambutannya, bagi yang menang jangan sombong. Sedangkan bagi yang kalah jangan berkecil hati. “Karena masih banyak lomba- lomba di depan sana yang menunggumu. Sekarang, mungkin kurang beruntung, besok lusa kamu pemenangnya. Yang penting jangan menyerah dan terus belajar demi meraih apa yang kamu cita- citakan,” kata Kepala Sekolah SMA 1 ini.

Hadir juga disitu, Kacabdis Medan Utara Sakti Siregar MP.d, Kepsek SMA 1 Suhairi, SMA 4 Ramli, SMA 13 Muklis yang juga Ketua MKKS dan kepsek SMA swasta lainnya.

Senada dengan Kacabdis Medan Utara Sakti Siregar . Dia juga berpesan, bagi yang menang jangan sombong. ” Dan jangan ada cerita di belakang hari, titipan lah, ini itulah dan lain sebagainya. Jangan berpikiran negatif, mari kita berpikiran positif. Inilah hasil yang sejujurnya. Inilah yang nantinya akan berjuang untuk tingkat Sumut,” kata Sakti.

Kepada guru pembimbing,Sakti berpesan untuk memacu kembali semangat belajar siswanya terutama siswa yang akan mewakili Medan di tingkat Sumut. ” Bimbing dan latih mereka agar makin tajam , hingga pada lomba nantinya mereka betul- betul siap,” tukas Sakti.

Cewek juga juara loh

Kepada para siswa dia berpesan untuk terus meningkatkan kompetensi.” Hormati orangtuamu, gurumu.Jika mereka menghukummu anggap itu sebagai teguran agar ke depan kamu menjadi lebih baik lagi. Kedepannya kamu harus lebih berhati- hati jika melakukan kesalahan,” pungkas Sakti.

Tahun 2020 sebanyak 31 sekolah negeri dan swasta ikut KSN, dan yang paling membanggakan MAN 1 dan MAN 3 ikut. Bahkan mendapatkan juara, seperti MAN 1 yang berhasil meraih 2 emas untuk Biologi, Geografi, dan perunggu untuk Fisika, dan Kimia. Sedangkan MAN 3 mendapat perunggu di mapel Geografi.

Ini dia sang juara umum SMA 1 Sutomo 1 Medan

Sementara mata pelajaran yang diuji sebanyak 9 yakni Astronomi, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Informatika, Kebumian, Kimia dan Matematika. Juara umum diraih SMA 1 Sutomo dengan memperoleh 14 emas, 10 perak dan 1 perunggu.Selanjutnya SMA Methodist 2 Medan dengan meraih 5 emas, 7 perak dan 8 perunggu.!( evi)

Loading...