by

Ini Lho Ciri Wanita Sehat, Kamu yang Mananya?

Wanita Medan.com – Punya tubuh sehat penting bagi semua orang, khususnya wanita. Pasalnya, jika tidak, wanita akan sulit pula melahirkan penerus bangsa yang sehat. Pemeriksaan kesehatan secara rutin dan pendeteksian dini memang tengah digalakkan. Namun, di luar dari pemeriksaan, ada pula ciri tubuh sehat pada wanita yang secara umum bisa dikenali, antara lain:

Siklus haid teratur

Ciri tubuh sehat pertama dari seorang wanita adalah memiliki siklus haid yang teratur. Menurut dr. Dyan Mega Inderawati seperti dikutip Wanita Medan dari KlikDokter, siklus haid normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Ketika kamu memiliki pola seperti itu, maka ovulasi kamu normal dan hormon kamu seimbang.

Nyeri Haid Terasa Tidak Berlebihan

Selain siklus haid teratur, kamu  juga mesti memperhatikan apakah selama haid, nyeri terasa berlebih atau tidak. Pasalnya, jika nyeri haid terasa amat parah, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti mengatakan, bisa jadi itu disebabkan oleh gangguan di organ reproduksi.

Kram yang dirasakan tidak seperti kram biasanya dan berlangsung lebih lama. Bahkan, saat haid telah selesai, penurunan rasa nyeri tidak signifikan. Sedangkan, nyeri yang normal hanya berlangsung selama 12 sampaI 72 jam.

Tidak lemas alias berenergi

Wanita yang kekurangan zat besi atau vitamin dan mineral lainnya biasanya akan terlihat pucat, lemas, dan tidak bertenaga. Nah, bila asupan nutrisi terpenuhi serta sering beraktivitas fisik, maka tubuh akan berenergi.

Jarang sakit kepala

Sakit kepala memang kerap dialami sebagian besar orang. Sakit tersebut merupakan efek dari stres atau ketegangan otot yang kurang normal. Pada orang yang sehat, biasanya sakit kepala hanya berlangsung sebentar dan frekuensinya tidak sering. Jika sakit kepala terlalu sering muncul tiba-tiba, bahkan sampai mengganggu aktivitas, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Tidak punya banyak jerawat

Selain karena pola hidup yang kurang bersih (jarang membersihkan wajah atau suka gonta-ganti skin care/make up), banyaknya jerawat pada wajah menandakan ada gangguan hormonal. Bila kamu merasa sudah rajin membersihkan wajah dan merawat diri, tetapi jerawat masih membandel, lebih baik konsultasikan hal tersebut ke dokter.

Rambut tebal dan kuku sehat

Selain dari kulit yang tidak berjerawat, rambut tebal dan kuat sekaligus kuku yang cepat tumbuh dan tidak gampang patah merupakan tanda bahwa kamu punya kesehatan yang baik. Itu karena, rambut tipis dan kuku rapuh menandakan kamu kekurangan zat besi vitamin A vitamin D, dan nutrisi lainnya.

Tidak punya masalah kulit

Jika kulit wajah kamu kering disertai jerawat, bahkan seperti mengelupas atau sering gatal-gatal kemerahan, itu juga menandakan ada yang tak beres pada kulit kamu.. Ketimbang membiarkannya, lebih baik konsultasikan hal tersebut kepada dokter kulit. Supaya tak makin parah, jangan lupa untuk selalu oleskan pelembap, baik berupa gel atau losion.

Mata jernih

Jika bagian putih pada bola mata kamu  tak ada guratan merah dan tidak memiliki lingkaran hitam yang terlalu mencolok di bawah mata, itu bisa menandakan bahwa kamu telah beristirahat cukup. Jika istirahat cukup, otomatis daya tahan tubuh juga lebih terjaga.

Mata merupakan jendela jiwa, dari mata, kamu bisa melihat apakah orang tersebut sakit, sehat, bahagia, atau sedang bersedih bahkan depresi.

BAK dan BAB lancar

Bukan cuma siklus haid yang mesti lancar, buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) pun harus lancar jika kamu ingin dianggap memiliki tubuh sehat. BAK dan BAB lancar menandakan bahwa saluran pencernaan kamu tidak bermasalah, asupan serat terpenuhi, dan tidak punya gangguan ginjal ataupun infeksi saluran kemih.

Tidak bau mulut

Tak hanya berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut, bau mulut pun merupakan tanda kesehatan secara umum. Napas yang segar bisa mengindikasikan bahwa mikroba dalam usus seimbang. Sedangkan, bau mulut bisa jadi pertanda bahwa ada penyakit tersembunyi, seperti diabetes, gastroesophageal reflux disease (GERD), hingga gangguan ginjal.

Berat badan ideal

Untuk melengkapi hal di atas, ciri terakhir dari wanita sehat adalah punya berat badan yang ideal.Dokter Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc dari KlikDokter mengatakan, Anda bisa menghitungnya dengan menggunakan Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT).

Rumusnya adalah berat badan dibagi hasil perkalian dari tinggi badan (meter) kali tinggi badan (BB kilogram : (TB meter x TB meter)). Jika hasilnya kurang dari 18,5, maka tubuh Anda terlalu kurus. Jika hasilnya 18,5 – 22,9, maka kamu punya berat badan ideal. Di atas itu, berarti kamu kelebihan berat badan.

Itu dia ciri tubuh sehat pada wanita yang secara umum bisa dikenali. Kendati demikian, yang bisa memberikan hasil pasti dan spesifik adalah pemeriksaan medis dari rumah sakit dan laboratorium. Sehingga, akan lebih maksimal lagi jika kamu secara rutin melakukan medical check up dengan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan yang sebenarnya. (evi/wm)

Berita Terbaru