Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd

Wanita Medan.com – Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof. Dr. Syawal Gultom, MPd pada sidang terbuka senat Unimed mewisuda dan menganugerahan ijazah pada 608 wisudawan di Gedung Serbaguna, Selasa (11/6- 2019).

Wisudawan yang lulus untuk jenjang magister, sarjana dan diploma terdiri 103 program pasca sarjana, 79 Fakultas Ilmu Pendidikan, 120 Fakultas Bahasa dan Seni, 67 Ilmu Sosial, 57 FMipa, 54 Fak Teknik, 79 Fak Ilmu Keolahragaan, dan 49 Fak Ekonomi dan 608 lulusan itu bergelar Doktor Penddikan (Dr) 3 orang, 10 Magister Humaniora (M.Hum), 80 Magister Pendidikan (MPd), 8 Magister Sains, (MSi), 2 Magister Olahraga (M. Or), 433 Sarjana Pendidikan (S.Pd), 9 Sarjana Sastra (S.S), 11 Sarjana Sains (S.Si) 5 Sarjana Sain (S. Si) 1 Sarjana Olahraga (S. Or) 32 Sarjana Ekonomi (SE), 4 Ahli Madya (A.Md) .

Dihadapan para lulusan Unimed Rektor menyatakan masa belajar memang sudah berakhir, namun sebaliknya merupakan titik pangkal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan yang sudah dimiliki. ” Salah satu faktor penting saat ini adalah ketrampilan dan kompetensi yang harus tetap secara konsisten ditingkatkan sesuai kebutuhan pasar kerja. Gelar akademik menjadi modal kesempatan untuk berkiprah, berkarya dan meniti karir,” tegas Rektor.

Dia mengingatkan saat ini wisudawan berada di era revolusi industri 4.0. “Pemerintah telah mempersiapkan road map-nya yang bertema Making Indonesia 4.0 dan SDM merupakan aspek penting mencapai kesuksesan pelaksanaan Making Indonesia 4.0 itu,” jelas Prof Syawal.

Oleh karena itu lulusan Unimed dituntut meningkatkan kapasitas. “Tak cukup hanya dengan penguasaan teknologi tetapi harus dilengkapi penguasaan sejumlah bahasa asing agar bisa komunikatif pada tingkat global” ujar Rektor.

Dalam kesempatan itu Prof. Syawal Gultom juga menitipkan  7 pesan   yang harus dimiliki lulusan Unimed agar sukses di dunia kerja nantinya. :

1. Mentalitas Mutu. Mementingkan kualitas daripada kuantitas

2. Mentalitas Altruistik. Pengabdian untuk mengajarkan dan mengembangkan ilmu yang dimiliki.

3. Mentalitas Mendidik. Dalam mendidik faktor teladan memegang peranan penting.

4. Mentalitas Pembelajar. Selalu meningkatkan pengetahuan setiap saat.

5. Mentalitas Pengabdian. Mengabdi untuk bidang pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi.

6. Mentalitas Kreatif Inovatif. Banyaknya penemuan baru yang dihasilkan oleh alumni.

7. Mentalitas Etis. Masalah etika dalam kehidupan bermasyarakat perlu lebih diperhatikan secara serius oleh para lulusan karena jika tidak dimiliki akan menyebabkan hilangnya hikmah sebagai seorang profesioanl.

Sebagai akhir sambutannya rektor berpesan para almamater untuk terus membina komunikasi dan silaturrahmi, memberi kontribusi pada Unimed baik berupa kritikan konstruktif dan ide kreatif solusi bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan Unimed,” kata Rektor seraya mengucapkan terima kasih pada guru besar, anggota senat, direktur pascasarjana, pimpinan lembaga, fakultas dan jajarannya. Begitu juga kepada gubernur, walikota/bupati yang sudah mitra dengan Unimed. (evi)

Loading...