Rutinitas di pagi hari

Wanita Medan.com – Menopause merupakan hal yang tak bisa dihindari oleh setiap perempuan. Menopause merupakan berakhirnya siklus menstruasi secara alami yang dialami perempuan. Umumnya, menopause ini dialami perempuan saat usianya memasuki 45 hingga 55 tahun.

Mengenai menopause, setiap perempuan memiliki pengalaman berbeda satu dan lainnya. Tidak sedikit yang tidak merasakan apa-apa sebelum menopause. Tapi, tidak sedikit pula yang mengalami momen kurang menyenangkan di awal-awal menopause.

Melansir dari laman hellosehat.com, ada beberapa tanda yang menunjukkan awal menopause. Apa saja tandanya? Simak yang berikut ini dan lebih pekalah terhadap perubahan.

1. Perubahan siklus menstruasi. Mereka yang mengalami menopause biasanya siklus menstruasinya berubah-ubah. Frekuensi menstruasi juga menurun seiring berjalannya waktu.

2.Hot flashes. Ini adalah momen tubuh mengalami sensasi panas baik di bagian atas tubuh atau seluruhnya. Tidak jarang momen dibarengi dengan kulit jadi berwarna merah, tidur terganggu dan tubuh berkeringat.

3. Miss V jadi terasa lebih kering dan sakit saat berhubungan intim.

4. Mereka yang mengalami menopause juga akan mengalami masalah saluran kemih. Frekuensi buang air kecil jadi lebih sering dan miss V terasa nyeri saat buang air kecil.

5. Tidur jadi tidak teratur, kurang nyenyak bahkan insomnia parah.

6.Tanda selanjutnya adalah gangguan suasana hati. Umumnya, perempuan yang mendekati menopause akan mengalami gangguan suasana hati seperti cepat marah, menangis, sedih bahkan depresi.

7. Perempuan yang sudah mendekati menopause juga akan mengalami penurunan gairah seksual. Selain itu, mereka juga kurang bisa mencapai orgasme, miss v kering dan kurang bisa menerima rangsangan dari pasangan.

8. Perubahan kulit dan rambut. Menopause ditandai dengan penurunan jaringan lemak di bawah kulit sehingga menunjukkan kulit keriput. Rambut pun lebih tipis dari biasanya.

Itulah beberapa tanda menopause sudah dekat. Semoga informasi ini bermanfaat.(wm/evi)

Loading...