Wanita Medan. com – SMA/SMP Swasta Dwiwarna Medan mengadakan kegiatan kreatifitas siswa yang menggali potensi siswa di even bertajuk Collabonation yang bekerjasama dengan IM3 di sekolah Jalan Gedung Arca Medan, Jumat (13/3 – 2020)

Kegiatan yang dibuka Kepala Sekolah SMP/SMA Dwiwarna Medan Samsul Bahri S.Sos diikuti para siswa berlangsung sehari penuh. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan siswa kreatif dan inovatif dengan tetap semangat menggali bakat siswa.

Karenanya, siswa harus dirangsang agar bisa menjadi siswa berpotensi dengan suasana pembelajaran yang gembira. Hal ini sejalan dengan konsep ‘Merdeka Belajar’ yang diinisiasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

“Sekolah harus menciptakan suasana belajar yang bahagia, happy. Tujuan merdeka belajar adalah agar para guru, peserta didik, serta orang tua bisa mendapat suasana yang bahagia. “Merdeka belajar itu bahwa proses pendidikan  harus menciptakan suasana-suasana yang membahagiakan. Bahagia buat siapa? Bahagia buat guru, bahagia buat peserta didik, bahagia buat orang tua, dan bahagia untuk semua orang,” katanya.

Kepsek ditengah tengah siswanya

Salah satunya kemerdekaan dalam proses belajar.  Proses belajar butuh kemerdekaan, sudah tentu. Sebab, kemerdekaan harus melekat pada subyek yang melakukan proses belajar: anak ataupun orang dewasa. Termasuk melibatkan dan dukungan banyak pihak.

“Merdeka belajar adalah kemerdekaan berpikir, terutama esensi kemerdekaan berpikir ini harus ada di guru dahulu. Tanpa terjadi di guru, tidak mungkin bisa terjadi di peserta didik. Saat kita bicara bahwa kita percaya kemerdekaan guru dan kemerdekaan belajar, maka akan bersinggungan dengan banyak hal,” ujarnya.

Menyinggung kreatifitas siswa yang digelar saat ini lanjut Samsul, kegiatan ini dikemas dengan bentuk tarian, musik, tik-tok, permainan ketangkasan dan lainnya. Semua kegiatan kreatifitas siswa ini adalah berbasis pendidikan karakter yang menjadi budaya bangsa dan kl9

Pada kesempatan itu Kepsek mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada sponsorship kegiatan kreatifitas siswa PT Indosat dan IM3 yang sudah bersedia mengadakan kegiatan ini. Bahkan para siswa juga antusias mengikuti kolaborasi bareng Idolamu, dimana siswa bisa mendaftar ke IM3 Ooredoo Squad & Join Collabonation Mission 9 Maret sampai 10 Mei 2020.(evi)

Loading...