by

Kuota Haji Sumut Tahun Ini 8.292 Jamaah

WANITAMEDAN.COM-Kuota jamaah haji Sumut tahun 2017 ini mencapai 8.292 orang, sedangkan petugas ada 64 orang sehingga jumlahnya 8.356. Itu artinya, terjadi peningkatan 27 persen dari tahun lalu.

Demikian Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sumatera Utara, Tohar Bayoangin, Rabu(22/2) bersama Kabid Haji Muslim dan Kasi Dokumen Haji Eri Nopa.
Dalam keterangannya, Tohar Bayoangin menyebutkan, kuota ini sesuai dengan Keputusan Menteri Agama(KMA) Lukman Hakim Saifuddin, No 75 Tahun 2017 .Dengan ditetapkannya kuota haji ,maka jamaah calon haji(Calhaj) yang sudah masuk porsi tahun ini dapat mempersiapkan diri,terutama kelengkapan dokumen seperti paspor.

“Maka dalam rapat bersama Kabid Haji Muslim, Kadiv Intel Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Sabarita Ginting dan seluruh Kakankemenag serta Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah se Sumatera Utara,pihak Imigrasi,saya sampaikan agar paspor jamaah segera diselesaikan setidaknya sebelum Ramadhan sudah rampung,” katanya.

Dia juga menyampaikan, untuk tahun ini kita tetap tidak melalukan qurah (pengundian).”Penentuan kloter didasarakn kepada kelengkapan berkas termasuk daerah yang paling awal menyelesaiakan pasport maka akan mendapat kloter awal,” ungkapnya.

Sementara itu Kadiv Intel Kanwil Kemenkum HAM,Sabarita Ginting mengatakan penerbitan paspor haji tahun 1438 H / 2017 M dilakukan lebih awal untuk memberikan tenggang waktu yang cukup dan menghindari adanya penumpukan jemaah yang akan mengajukan permohonan paspor di Kantor Imigrasi.
Sedangkan kuota haji untuk wilayah lain,seperti Banda Aceh sebanyak jamaah dan petugas, 4.393 orang.

Terkait paspor jamaah yang harus rampung sebelum Ramadhan,Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kota Medan, Ahmad Qosbi menyebutkan hal itu akan tercapai. “Untuk Calhaj Medan, sudah dikordinasikan dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji(KBIH) tempat jamaah mengikuti bimbingan, agar paspor jamaah disiapkan segera. Jika belum ada dibuat, jika sudah ada dicek apakah masih berlaku atau tidak,”katanya kemarin (wm01)

Berita Terbaru