Wanita Medan.com – Penggumpalan darah merupakan kondisi yang sering dialami orang. Pada kondisi normal, darah berbentuk cairan yang mengalir. Namun darah dapat berubah menjadi seperti gel atau semipadat yang menyerupai gumpalan.

Darah menggumpal berfungsi untuk mengatasi cedera pada tubuh, dengan mencegah darah keluar terlalu banyak. Namun, darah menggumpal menjadi masalah apabila gumpalannya terjadi di dalam pembuluh darah. Pembuluh darah akan mengalami penyumbatan, yang merupakan terjadinya stroke.

Darah menggumpal bisa terjadi karena kamu kerap melakukan kebiasaan tidak sehat. Jadi, untuk mengatasinya pun kamu bisa mulai menghindari kebiasaan buruk penyebab darah menggumpal.

Berikut ada lima kebiasaan yang bisa bantu memperlancar darah menggumpal. Wanita Medan.com sajikan kembali untuk kamu Wanita.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Tubuh kekurangan cairan bisa menyebabkan darah menggumpal. Tubuh bisa dehidrasi jika kekurangan mengonsumsi air putih setiap harinya. Dehidrasi akan membuat pembuluh darah menyempit dan darah mengental, sehingga bisa meningkatkan risiko penggumpalan darah.

Pasalnya, fungsi air putih sebagai pengencer darah alami. Apabila kekurangan, maka bisa menyebabkan gangguan pada darah. Selain itu, air putih juga bisa mengembalikan stamina dengan mengembalikan cairan yang telah hilang setelah melakukan aktivitas.

Oleh karena itu, penting untuk mencukupi konsumsi air putih setidaknya 8 gelas atau sekitar 2 liter setiap harinya. Batasi mengonsumsi kopi, teh, atau minuman berenergi lainnya.

2. Banyak bergerak

Kebiasaan duduk terlalu lama merupakan salah satu penyebab darah menggumpal. Gumpalan darah ini biasanya akan terbentuk di tungkai, lalu menyebar ke organ lain.

Parahnya, darah menggumpal bisa menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah di organ tersebut. Akibatnya, akan membahayakan dan mengancam jiwa. Karena darah menggumpal merupakan awal terjadinya stroke.

Untuk menghindarinya, memperbanyak bergerak atau melakukan peregangan setiap satu hingga dua jam selama kamu duduk terlalu lama.

3. Mengubah pola hidup sehat

Pola hidup yang buruk bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Salah satu di antaranya adalah darah menggumpal.

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi, menurunkan berat badan yang berlebih, olahraga secara teratur, menghindari asap rokok, tidak minum alkohol, dan rutin memeriksakan kesehatan ke dokter sangat dianjurkan.

4. Menghangatkan Tubuh

Apabila penyebab darah menggumpal dikarenakan suhu yang dingin, kamu bisa mengatasinya segera dengan menghangatkan tubuh. Hindari pemijatan, karena akan membuat munculnya penyakit yang lebih serius.

Disarankan untuk menggunakan krim atau gel yang menghasilkan hangat untuk tubuh, supaya menjadi hangat dan aliran darah menjadi lebih lancar. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan media lain yang memberikan kehangatan seperti perapian, pakaian tebal, penghangat ruangan, dan lain sebagainya.

Ada juga makanan yang bisa dikonsumsi untuk membuat darah menjadi lancar, yaitu minum air jahe hangat atau minuman hangat lainnya.

5.Konsumsi vitamin E

Ketika darah menggumpal, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi vitamin E. Vitamin E dipercaya bisa mengurangi pembentukan darah. Belum ada kepastian jumlah aman mengonsumsi vitamin E untuk memperlancar darah.

Untuk itu, agar lebih aman kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Beberapa bahan alami yang memiliki kandungan vitamin E di dalamnya adalah biji-bijian, biji bunga matahari, dan lain sebagainya. Gampangkan menjaga pola hidup sehat asal kamu mau dan disiplin. ( wm/evi)

Loading...