by

Pedas dan Gurihnya Sambal Terasi dan Lado Ijo

Sambal Khas Mbak Yoe

Wanita Medah.com – Tak ngin repot siapkan sambal setiap hari? Atau Anda bukan termasuk penggemar pedas? Sehingga perlu ada sambal khusus. Nah, sekarang ada yang lebih mudah dan tidak merepotkan.

Cobalah memanfaatkan hasil masakan Diah Ayoe Wulandari Safitri.
Dengan kreativitasnya, dia membuat sambal siap saji yang ditawarkan kepada konsumen. Tak tanggung sambal buatanya sudah dibawa konsumen sampai Bandung dan Malaysia.

“Saya rasa sangat cocok memilih menu khusus ini. Sambal. Siapa sih yang tidak suka sambal? Berbahan cabai dan campuran pelengkap agar rasanya sempurna. Ada yang suka pedas sekali, ada yang suka pedasnya sedikit. Tapi tetap saja sambal jadi pilihan,”katanya,Sabtu(8/2-2020) yang bergabung di Forum Komunikasi Muslimah Indonesia(FKMI) Sumatera Utara diketuai Hj Revita Lubis.

Maka, ujar Diah, diapun berusaha membuat sambal yang bisa diletak di atas meja, dan bisa dinikmati beberapa hari. Diahpun mulai uji coba dengan membuat sambal. Hasil uji cobanya berhasil, sehingga ia ingin membuatnya produksi rumahan.
Bermodalkan 2 juta rupiah sayapun membuka usaha. Penjualan dengan online bisa ke WA:0811652570.

Bahkan ada yang bilang botol kemasan dibesarin. Tapi saya masih bertahan dengan botol yang sama. Akhirnya, saya memilih untuk menambah sambalnya saja. Yakni sambal ijo.

Sambal buatanya tidak pakai pengawet, hanya dimasak lama sekitar 1 jam lebih, jadi di luar kulkas hanya tahan maksimal 1 minggu dan di kulkas bisa sekitar  1-2 bulan, tapi di freezer bisa lebih  lama lagi.

Menggunakan bahan cabe merah, cabe rawit caplak, bawang merah, bawang putih, terasi, tomat, gula, garam, minyak goreng, daun jeruk. Setelah digiling, sambelnya dimasak di api sedang sampai tanak sekitar 1 sampai 1,5 jam, lalu didinginkan sebelum dipaking dalam botol yang higienis.(wm01)

Berita Terbaru