by

MTMI Gelar Pengajian Akbar dan Bagi Masker Gratis

Wanita Medan. com – Majelis Taklim Muslim Ikatan Alumni SMAN 5 Medan (IKALIMA) atau lebih dikenal dengan MTMI, menggelar pengajian akbar di Masjid Al Amin Jln. HM. Yamin, Minggu, (6/9- 2020).

Pengajian yang dimulai pagi hari, dihadiri para alumni  SMAN 5 Medan dirangkai dengan kegiatan sosial bagi-bagi masker gratis kepada warga masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan .

Pengajian rutin muslim Ikalima ini digelar kembali setelah sempat terhenti sementara karena himbauan pemerintah untuk menghentikan segala kegiatan pengumpulan massa akibat adanya pandemi covid 19 sejak enam bulan terakhir.

Hadir sebagai penceramah  Ustadz Drs. Zakaria Damanik. Dalam tausiyahnya dia mengajak ummat islam khususnya alumni muslim IKALIMA untuk tetap kompak bahu membahu dalam menghadapi berbagai masalah sosial yang menimpa ummat saat ini,  terutama dalam menghadapi pandemi covid19.

“Mari kita saling bantu-membantu menggalang kekuatan sesama ummat islam terutama dalam mengantisipasi penyebaran virus corona.

Tunjukkan jati diri kita di bulan Muharram ini, yang harus berani berhijrah untuk lebih baik lagi dalam meningkatkan amal kita, tidak hanya meningkatkan ibadah vertikal kepada Allah SWT, namun juga amalan sosial terhadap sesama ummat sebagai hubungan horisontal,” ujar Zakaria.

Pengajian dengan ustadz Zakaria Damanik

Seusai pengajian Ketua Umum MTMI DR. Effendi Sadly, SE, MA melalui Humas Hendra Kurniawan, STP,  bersama unsur pengurus lainnya Ummi Kalsum, Eldi, Rahmat Jayadi, dan Kurniati mengajak seluruh alumni yang hadir termasuk guru dan murid serta dibantu kenaziran masjid turun ke jalan untuk membagi-bagikan masker gratis kepada warga masyarakat dan pengendara yang melintas di depan masjid.

“Ada 500 masker buatan alumni kita sebagai perajin UMKM  yang  dibagi-bagikan. Masker ini terbuat dari kain yang bisa digunakan berkali-kali setelah dicuci”, kata Hendra yang akrab disapa onky.

Bukan hanya itu, saat kegiatan ini berlangsung alumni juga tidak bosan-bosannya mensosialisasikan imbauan pemerintah kepada warga masyarakat agar selalu mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan.

“Jangan lupa Pak ya, pakai maskernya dan  pulang ke rumah nanti cuci tangan dulu dan tetap jaga jarak,” pintanya kepada salah-satu sopir angkot saat memberikan masker.

Usman (54) thn, seorang penarik beca yang mendapat masker gratis menyampaikan kepada wartawan, apa yang dilakukan MTMI ini sangat bermanfaat bagi warga.

 

Berbagi masker bagi masyarakat

“Saya berharap  kegiatan ini bisa dicontoh oleh kelompok masyarakat lainnya, sehingga kita turut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid 19,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Wiwik Minarni yang merupakan alumni 91.

“Kami ingin Majelis Taklim Muslim Ikalima menjadi garda terdepan dalam mendukung program pemerintah dan menjadi Ummat yang Rahmatan lil ‘Alamin”, ungkap warga Binjai yang rela datang jauh-jauh demi berpartisipasi di MTMI yang diamini rekannya Weni Syahfitri.

Dikesempatan lain, Kepala Sekolah  SMAN 5  Medan Suprayitno S.Pd M. Si menghimbau seluruh  alumni untuk terus membangun kerjasama sesuai harapannya yang ingin menjadikan SMAN 5  tetap menjadi sekolah unggulan, ujar Suprayitno,  yang  merupakan guru teladan nasional 2015.

Ada yang terasa masih belum sempurna dalam gelaran kali ini, karena batal dihadiri oleh Pembina MTMI, HM. Fitriyus, Effendi Sadly dan Syahrial Saragih yang berhalangan.

Namun secara keseluruhan kegiatan ini dinilai sukses yang diakhiri dengan makan siang bersama dan ditutup dengan sholat Dzuhur berjamaah.(Onky)

 

Berita Terbaru