ilustrasi

Wanita Medan.com  – Apa yang membuat seseorang punya kepercayaan diri yang besar? Mungkinkah kekayaan atau jabatan? Hal itu bisa saja menjadi salah satu faktor pendukungnya. Namun kepercayan diri juga perlu dibentuk di dalam diri terlepas dari faktor apa pun.

Dan tahukah kamu bahwa ternyata usia juga memengaruhi berapa besar kamu punya rasa percaya diri? Dilansir dari TIME, kepercayaan diri seseorang ternyata mencapai puncaknya di usia 60 tahun dan berjalan stabil selama 10 tahun ke depan dari usia tersebut.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Bulletin ini menemukan bahwa usia tua bagi kebanyakan orang dewasa ini menjadi masa paling stabil di dalam kehidupan. Di usia ini kebanyakan orang memasuki masa pensiun namun mereka juga sudah lama membangun kehidup sosial yang matang sehingga mencapai kestabilan emosional yang baik.

Profesor psikologi University of Bern di Swiss mengatakan, “Contohnya, orang akan menjaga perannya di kehidupan sosial, entah itu mencapai jabatan yang tinggi di dalam pekerjaan, menjaga hubungan pernikahan langgeng dan harmonis dengan pasangan, serta mampu menyekolahkan anak-anaknya hingga tingkat pendidkan tinggi dan membuat mereka mandiri sebagai orang dewasa.”

Dengan kata lain, ini adalah sebuah pencapaian besar dalam hidup. Penelitian yang melibatkan 191 artikel penelitian tentang rasa percaya diri dan melibatkan data dari 165.000 orang ini menganalisis mulai kapan kepercayaan diri seseorang mengalami fluktuasi.

Banyak yang mengira bahwa kepercayaan diri seseorang mencapai puncaknya di usia remaja atau dewasa muda, namun penelitian menunjukkan sebaliknya. Bertambahnya usia mungkin menjadi salah satu hal yang mampu menurunkan rasa percaya diri karena orang merasa semakin lemah, bahkan banyak orang takut jadi tua.

Tapi ternyata usia tua juga menjadi ukuran rasa percaya diri. Kira-kira kamu mencapai puncak kepercayaan diri di usia berapa ya? (wm/evi)

Loading...