by

Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu Gelar Pemilihan Pustakawan Berprestasi

Wanita Medan.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu menggelar  Pemilihan Pustakawan Berprestasi tingkat Sumatera Utara, di gedung perpustakaan T. Rizal Nurdin Jalan Brigjend Katamso Jumat (24/7- 2020)

Lomba diikuti 20 peserta dari kabupaten kota se Sumatera Utara dan mereka merupakan pengelola perpustakaan di tempatnya bekerja baik instansi pemerintah maupun swasta dan dari beberapa perguruan tinggi.

Pemilihan pustakawan berprestasi dibuka Kadis Perpustakaan dan Arsip Ir. Halen Purba juga didampingi Ketua Panitia Indra Hadi Kesuma. Dalam sambutannya Halen Purba mengucapkan selamat datang bagi peserta yang berasal dari kabupaten. Dia sangat mengapresiasi jumlah peserta lomba yang semakin bertambah meski dalam kondisi pandemi Covid 19 .

Pemilihan dilakukan dengan mengajukan pertanyaan secara kognitif dengan dewan juri yang terdiri dari Ishak M.Hum  dari USU, Doni Yuda Prawira dari Unimed dan Nursafni Pustakawan Utama.

Dari seleksi kognitif, kata Halen peserta akan dihadapkan dengan tantangan menjawab pertanyaan secara multipelchoise. ” Meski pilihan a,b atau c namun peserta harus hati hati karena banyak pertanyaan,” kata Halen.

Pada tahapan pertama ini , panitia menyisakan 10 orang terbaik. Berhasil masuk 10 besar Isna dari Kisaran Husna Atia Atoba dari BI,  Intan Permata Sari pustakawan dari Yayasan Jenderal Sudirman, dan Vina Firantika dari Yayasan Al Azhar

Kesepuluh orang ini selanjutnya menjalani test wawancara  bersama dewan juri. Ditanya perasaannya sebelum di wawancarai Vina mengungkapkan perasaan gugupnya. ” Kalau deg degkan yang jelas, bu. Karena kita tak tahu apa yang bakal ditanya,” katanya.

Sama halnya dengan Husna dan Intan mereka juga nampak gugup dan grogi karena sistem wawancaranya  berhadapan dewan juri. Sudah tiga orang yang diwawancarai. Sebelum mendapat giliran peserta yang lo!os 10 besar itu tampak menyebar ada yang duduk di kursi tunggu sambil berbincang, ada juga di Ruang deposit sambil belajar.

 

Peserta saat ikuti tahap awal pemilihan

Setelah wawancara, panitia berhasil menjaring 6 peserta yang lolos dan syukurnya Vina lolos. Dibabak 6 besar tantangan akan semakin berat selain mengalahkan peserta lain. Peserta juga harus mengalahkan dirinya sendiri lantaran harus menyiapkan makalah kecil yang nantinya akan dipresentasi dihadapan juri . Setelah itu baru berhasil mendapatkan 3 pustakawan berprestasi.

Panitia dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Arsip akan memberikan hadiah yang lumayan istimewa sehubungan perlombaan yang diadakan sedikit. “Jadi kita meningkatkan hadiahnya,” kata Indra. ( evi)

 

 

Berita Terbaru