Wanita Medan.com – Institut Teknologi Medan (ITM) berdiri sejak tahun 1960, saat ini memiliki 3105 mahasiswa aktif dan telah menghasilkan lebih dari 10.267 alumni dikelola oleh Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna.

“Sejak berdiri tahun 1960 dengan nama Akademi Teknik Dwiwarna mempunyai tiga jurusan yaitu teknik sipil, teknik elektro dan teknik mesin. Tahun 1963 berubah nama menjadi Institut Teknologi Sumatera (ITS) dan menambah tiga jurusan lagi yaitu teknologi mekanisasi pertanian, teknologi perusahaan. Pada tahun 1976 ITS berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Teknik Medan (STTM).

Sejalan dengan penyesuaian kebijakan pemerintah di bidang pendidikan teknologi mekanisasi pertanian dan teknologi perusahaan dilebur menjadi teknologi industri. Selanjutnya pada tahun 1987 STTM dikembangkan menjadi ITM,” ungkap Rektor ITM Dr Ir Mahrizal Masri MT, dalam pidatonya saatmenyambut Bachelor of Business Administrasi UITM Perlis Malaysia di Kampus ITM Medan.

Dia juga menyebutkan, ITM punya visi menjadi lembaga pendidikan tinggi yang terkemuka dan pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta rekayasa pada tahun 2025, dengan misi mengembangkan iptek melalui proses tridharma perguruan tinggi, menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi dibidang iptek dan rekayasa.

Selain itu menjalin kerjasama dengan dunia industri, lembaga pendidikan tinggi, dan pemerintah, pemberdayaan sumber daya alam sebagai pengabdian pada masyarakat untuk kesejahteraan yang berkesinambungan.

Wakil Rektor IV ITM Ir Mustafa MT dalam sambutannya mengatakan ITM adalah perguruan tinggi yang sejak awal berupaya membantu pemerintah dalam menyiapkan sumber daya manusia yang menguasai iptek sehingga mampu memberikan solusi bagi para stakeholder (pemerintah, pengusaha dan masyarakat) dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang saat ini.

ITM memiliki 10 program studi yang dikelompokkan dalam tiga fakultas: Fakultas Teknologi Industri (FTI) meliputi Program Studi Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, dan Teknik Informatika. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) meliputi Program Studik Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, dan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Fakultas Teknologi Mineral (FTM)meliputi Program Studik Teknik Pertambangan dan Teknik Geologi.

Seluruh program studi yang ada di ITM sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan dalam menghasilkan mutu lulusan sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar, maka dalam proses pembelajarannya ITM melaksanakan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) yang secara intens dikelola oleh badan penjaminan mutu internal ITM.

Mewakili UITM Perlis Mhd Niza Mhd Noor mengatakan kunjungan yang dilaksanakan Kampus UITM Perlis ke ITM merupakan kunjungan silaturrahmi diantara kedua perguruan tinggi. Pihaknya berharap dengan adanya kunjungan ini dapat terjalin kerjasama yang baik diantara kedua perguruan tinggi negara serumpun. (wm.02)

Loading...