Wanita Medan .com –┬áVietnam dikenal punya makanan yang kaya akan rempah segar. Termasuk juga menu telur untuk sarapan. Gampang dibuat dengan gurih segar rasanya!

Selain Thailand, Vietnam juga punya beragam hidangan memakai rempah-rempah segar. Setiap hidangan minimal memakai 3 jenis rempah daun yang segar. Selain kaya nutrisi rempah daun juga berkhasiat sehat untuk tubuh.

Sebenarnya tak ada yang beda antara orak-arik telur atau scrambled egg ala Barat dan Asia. Hanya saja orang Asia sering menambahkan bumbu seperti bawang putih, bawang daun dan rempah daun serta sayuran. Sementara scrambled egg gaya barat hanya memakai tambahan merica dan garam saja.

Kalau ingin bikin sajian orak-arik telur yang agak berbeda untuk sarapan, bisa coba membuat orak-arik telur gaya Vietnam ini. Selain gampang, rasanya juga segar, cocok dimakan di pagi hari. Ikuti langkah praktis membuatnya berikut ini

1. Telur dan bahan lain

Untuk membuat 2 porsi orak-arik telur, siapkan 3 butir telur ayam, 4 buah tomat ceri atau 1 buah tomat biasa yang merah dan masak serta 1 batang daun bawang yang diiris kasar.

Bumbu yang harus disiapkan, 2 sdm saus ikan/kecap ikan, 1/2 sdt merica bubuk dan 1/2 sdt minyak wijen. Sebaga bahan taburan, daun ketumbar dan dain kemangi, jika ada.

2. Pecahkan telur dalam mangkuk, kocok hingga lepas dan berbuih. Tambahkan merica dan saus ikan, minyak wijen, kocok hingga tercampur rata.

3. Panaskan 1 sdm minyak dalam wajan, tumis daun bawang dan tomat, aduk sebentar hingga keduanya layu.

4. Masukkan telur kocok, kecilkan api, aduk perlahan hingga telur membeku dan bergumpal kasar. Angkat. Taruh di piring saji dan beri daun kemangi dan daun ketumbar. Sajikan hangat.(wm/evi)

 

 

 

 

 

 

Loading...