by

SMK Negeri juga Punya UKK, Sertifikatnya Dapat Tentukan Masa Depan

Siswa SMKN 7 Medan sedang mengikuti UKK. ( Ist)

Wanita Medan.com – Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) saat ini tengah mengadakan Uji Kompetensi Keahlian ( UKK) yang diselenggarakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) .

UKK ini dimaksudkan untuk memudahkan siswa mendapatkan pekerjaan setelah mereka tamat dan
UKK ini langsung dibawah Badan Nasional Sertifikasi Profesi ( BNSP).

Salah satu sekolah yang tengah dan masih menyelenggarakan UKK diantaranya SMKN 7 Jl. STM Medan.

Menurut Kepala Sekolah SMKN 7 Asli Sembiring, pelaksanaan UKK di SMKN 7 sudah dilaksanakan sejak Februari dan akan berakhir awal Mei 2021 mendatang, kata Asli Rabu (17/3-2021).

Lamanya pelaksanaan UKK di SMKN 7 tak terlapas dari situasi saat ini. Siswa yang ikut dibatasi tak lebih dari 10 -15 orang satu kelas. Mengingat Covid – 19 masih berlangsung prokes harus benar – benar diterapkan.

Sebanyak 596 siswa yang mengikuti UKK berarti semua jurusan yang ada, mulai dari administrasi perkantoran, perhotelan, usaha perjalanan wisata, akuntansi dan pemasaran.

Tim asesornya guru – guru SMKN 7 Medan diantaranya May Gloria S Meliala dibantu asesor dari LSP.” Meski sertifikat dikeluarkan BNSP namun kelulusan tetap sekolah yang menentukan,” kata Asli.

Seperti diungkapkan di atas UKK dapat menjamin siswa bekerja dimana saja DUDI.Namun ada perbedaan dan keistimewaannya. Jika sertifikat yang diterima siswa berlambangkan Garuda, berarti istimewa dan punya standart tinggi, artinya dimanapun siswa itu melamar kerja, maka perusahaan akan sulit menolak karena diyakini siswa tersebut punya kemampuan yang baik.

Sebaliknya berlambang Tut Wuri Handayani,bukan tak diterima, namun masih tergantung perusahaannya.Nah, loh. ( evi)

Berita Terbaru