PKR di SMP 3 Medan

Wanita Medn.com –  Siswa SMPN 3 Medan mendapatkan pembelajaran lewat nonton bareng (Nobar) saat berlangsungnya Pesantren Kilat Ramadhan, (PKR) Sabtu(11/5/2019). Kegiatan pembelajaran lewat nobar, menjadi program yang diterima siswa selain materi keagamaan lainnya.

Guru yang mendampingi siswa dalam kegiatan, Drs Bisri yang juga guru agama menyebutkan, kegiatan nobar bagi peserta PKR sekaligus memberi pencerahan setelah mereka ikut kegiatan bersama instruktur di kelas. “Film yang ditampilkan berisi cerita keagamaan. Umumnya siswa suka dengan kegiatan nobar ini,”katanya.

Dia juga menyebutkan dalam berbagai kegiatan dilaksanakan saat PKR, sejak pagi siswa diajak kegiatan keagamaan. Setelahnya bersama instruktur, mengikuti pembelajaran dan pemantapan tiori dan praktek keagamaan.

“Untuk kegiatan fardu kifayah, siswa juga dilatih untuk menjadi bilal mayit. Harapan kami, pengetahuan tentang bilal mayit bisa mereka terapkan saat ada yang memerlukan. Terutama pihaak keluarga dekat, karena keluarga lebih diutamakan dalam pengurusan fardu kifayah,”katanya.

Sebelumnya Kepala SMPN 3, Hj Nurhalimah Sibuea MPd menyebutkan, ratusan siswa yang ikut PKR adalah siswa kelas 1 dan kelas 2. Secara umum aktif dalam berbagai kegiatan yang ditawarkan.

“Kami sangat mendorong sistem penguatan keagamaan bagi siswa dalam program PKR ini. Selain melibatkan guru, juga mendatangkan instruktur dari luar. Harapannya, selain siswa mendapatkan bekal ilmu keagamaan, mereka juga mendapat motivasi dari para instruktur yang sengaja didatangkan dari luar (mahasiswa),”katanya.

Dia juga menambahkan,kegiatan PKR diakhiri dengan berbuka puasa bersama. Dimana siswa dan guru berbaur dalam kegembiraan buka puasa sekaligus melaksanakan shalat berjamaah. “Orang tua juga sangat mendukung kegiatan ini, mungkin tahun depan ditambah hari pembelajaranya,”pungkasnya.(evi)

 

Loading...