Wanita Medan.com – Otak memiliki peranan penting bagi tubuh karena otak adalah pusat sistem saraf dari segala organ tubuh yang kita gerakan. Jika ada masalah pada organ otak sedikit saja seperti telat mikir atau telmi maka kinerja organ tubuh yang lain akan menjadi lambat.

Untuk menjaga agar fungsi otak bekerja dengan maksimal dan organ tubuh lain bekerja dengan baik, maka perlu juga untuk selalu melatih dan mengasah kinerja otak. Lakukan beberapa hal dibawah ini agar proses berpikir lebih cepat dan Anda terhindar dari anggapan ‘lemot’.

1. Perbanyak Kosa Kata

Memperbanyak kosa kata adalah salah satu cara agar otak bekerja dengan baik dan tidak lemot. Cara untuk menambah kosa kata dengan membaca artikel, berita maupun novel. Dengan sering membaca, Anda akan lebih terbantu untuk mempertajam memori dan memperluas wawasan.

2. Berlatih Seni

Salah satu sumber latihan yang dapat meningkatkan bagian otak yang bekerja untuk mengekspresikan diri secara non-verbal adalah seni. Seseorang dapat menjadi lebih kreatif, sehingga menggunakan kemampuan motorik halus dan berpikir analitis dengan seni. Banyak seni yang bisa kamu pilih, seni musik, seni lukis, seni fotografi, seni berbicara dimuka umum, dan lain sebagainya

3. Mendengarkan Lagu Favorit Berulang

Jika kamu tidak bisa bermain musik, maka mendengarkan lagu sudah tentu sangat mudah untuk dilakukan bukan? Jika seseorang menyukai sebuah lagu tertentu, kebanyakan mereka akan terus menerus mendengarnya.

Kegiatan ini akan membantu otak menghafal lirik yang tanpa disadari akan membantu otak untuk meningkatkan kemampuan menghafal dan mengingat sesuai. Selain mendengarkan lagu, untuk mengoptimalkan kinerja otak jangan lupa untuk latihan mengingat sesuai.

4. Bermain Video Game atau Memainkan Permainan Favorit

Tidak semua video game buruk, banyak permainan yang mengasah otak dan membutuhkan penalaran sehingga hal tersebut sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan otak. Clash Royal salah satu permainan yang juga mengasah otak, kita diajarkan untuk bertahan dan bisa menyerang dengan efektif.

Selain video game, Anda juga bisa memainkan permainan nyata yang mengharuskan Anda berinteraksi secara langsung dengan orang lain misal bermain kartu, lompat karet, lempar bola, dan lain sebagainya.

5. Rutin Berjalan Kaki dan Olahraga

Membaca, mendengar, dan bermain sudah, saatnya tubuh Anda bergeraksecara aktif. Untuk meningkatkan kemampuan otak, rutinlah berolahraga. Jika terlalu sulit, maka perbanyaklah berjalan kaki.

Dengan berjalan kaki, Anda bisa mendapatkan udara segar yang bisa menjernihkan pikiran dan mengusir rasa jenuh. Panca indra akan mampu bekerja dengan optimal sehingga mampu menghasilkan pikiran yang konstruktif.

Jika Anda sedang stres di depan komputer dan otak Anda sulit berpikir, solusi paling mudah adalah dengan berjalan kaki, entah untuk mengambil minuman atau sekedar membeli makanan di luar kantor.

6. Melakukan Kegiatan Secara Bersamaan (Multitasking)

Melakukan multitasking atau tugas ganda adalah kegiatan dasar yang sederhana. Meski bisa membuat orang bingung tapi latihan sederhana ini dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi seseorang, agar otak tetap berkonsentrasi dan bekerja secara optimal.

Tak hanya makhluk hidup atau manusia yang perlu otak yang cepat untuk aktivitas sehari-hari, smartphone masa kini juga harus memiliki otak (prosesor) canggih yang membuat dapat bekerja secara multitasking. Jika kinerja smartphone lambat atau lemot dia akan ditinggalkan, sebaliknya jika cepat dia akan mendapat pujian dan awet dalam genggaman.

Anda tidak ingin berakhir buruk seperti smartphone yang lemot kan? Maka mulai sekarang latihlah terus otak dan pikiran Anda supaya dapat bekerja secara maksimal dan bye bye ‘lemot’. (wm/evi)

 

 

 

 

 

Loading...