Telur rebus

Wanita Medan.com – Telur menjadi salah satu bahan masakan yang disukai oleh semua orang. Telur bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Sekedar direbus saja, telur sudah bisa menjadi sajian yang enaknya juara.

Dilansir dari laman resepkoki.com, Selasa (11/6- 2019) ada beberapa waktu ideal merebus telur yang disesuaikan dengan tingkat kematangannya. Bagi kamu yang suka telur setengah matang, sebaiknya tidak merebus telur lebih dari lima menit. Sedangkan untukmu yang suka telur matang, agar tidak kematangan dirimu juga harus tahu waktu ideal berapa lama waktu merebusnya.

2 Menit

Buatmu yang suka dengan telur setengah matang, sebaiknya merebus telur dalam waktu kurang lebih selama 2 menit. Telur yang direbus dalam waktu 2 menit akan menghasilkan telur setengah matang dengan bagian kuning telur yang sangat lembut atau masih cair.

4 Menit

Telur yang direbus selama 4 menit akan menghasilkan telur rebus dengan bagian putih telur yang kokoh atau matang sempurna. Namun untuk bagian kuning telur masih cair.

5 Menit

Telur yang direbus dalam waktu 5 menit akan menghasilkan telur rebus yang matang sempurna di bagian putihnya dan cukup matang namun tak terlalu matang di bagian kuningnya. Bagian kuning telur yang direbus dalam waktu 5 menit masih memiliki tekstur cair di dalamnya.

6 Menit

Telur yang direbus dalam waktu 6 menit akan menghasilkan telur rebus yang matang sempurna pada bagian putih dan cukup matang di bagian kuningnya. Warna kuning telur juga lebih pucat dan bagian terdalam kuning telur cukup kental.

9 – 10 Menit

Ketika kita merebus telur dalam waktu 9 sampai 10 menit, ini akan membantu kita dapatkan telur rebus yang sudah matang sempurna secara keseluruhan. Bagian putih maupun kuning telur sudah mengeras dan matang dengan baik.

Lebih dari 10 Menit

Telur yang direbus dalam waktu lebih dari 10 menit akan memiliki tingkat kematangan yang terlampaui sempurna. Telur yang kematangan akan memiliki tekstur yang lebih keras bahkan nyaris alot. Tanda dari telur rebus terlalu matang adalah pada bagian luar kuning telur berwarna keabu-abuan dan teksturnya kuning telur berpasir saat disantap.

Waktu ini dihitung mulai dari air mendidih. Telur bisa dimasukkan ke dalam air saat air masih dingin atau ketika air sudah mendidih. Jika telur dimasak dengan cara dikukus, ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama lagi untuk proses memasaknya. Semoga  bermanfaat ya Wanita. (wm/evi)

 

Loading...