by

Tugas Dosen Bukan Mengajar

Wanita Medan.com – Dosen tugasnya bukan saja mengajar, memberikan kuliah di ruang kuliah kepada para mahasiswa akan tetapi dosen dituntut melakukan penelitian yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. Penelitian itu sebagai sumbangsih dosen dalam pengabdian kepada masyarakat.
Hal ini dikatakan Pembantu Rektor I Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan, Dr. Arifin Gultom ketika membuka Workshop Bagi Dosen Pembimbing Skripsi Fakultas Pertanian (Faperta) UMSU, di Aula Kampus Pasca Sarjana UMSU Jalan Denai Medan.

Dihadapan para dosen Faperta UMSU, Arifin Gultom menegaskan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi tugas dan fungsi dosen disebutkan bukan saja memberikan materi kuliah di ruang kuliah akan tetapi juga melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Katanya, UMSU terus mendorong para dosen untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi itu dengan mengajak dan memberikan fasilitas dan kemudahan bagi para dosen yang melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Arifin Gultom mengapresiasi Workshop bagi dosen pembimbing skripsi yang dilaksanakan Faperta UMSU, sebab dengan adanya workshop tersebut bisa menjadi refresh bagi para dosen pembimbing skripsi untuk lebih bagus lagi membimbing skripsi bagi para mahasiswa calon sarjana. “Jelas tidak sama pembimbingan skripsi 20 tahun lalu dengan sekarang dan pembimbingan skripsi harus terus berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi yang ada,” katanya.

Workshop dengan tema, “Refresh bagi Dosen Pembimbing Skripsi Faperta UMSU dalam rangka Meningkatkan Kualitas Skripsi Mahasiswa,” kata Dekan Fakultas Pertanian UMSU, Ir. Alridiwirsah, MM untuk menyamakan persepsi para dosen pembimbing skripsi dalam membimbing para mahasiswa.
Dikatakan Alridiwirsah, Fakultas Pertanian UMSU sudah memiliki buku panduan pembimbingan skripsi, sudah memiliki Standar Operational Procedure (SOP) dan aturan-aturan dalam melakukan pembimbingan akan tetapi perlu juga dilakukan workshop sebagai menyempurnakan SOP, aturan dan buku panduan yang ada dalam melakukan tugas pembimbingan skripsi.
“Tujuannya jelas untuk meningkatkan kualitas skripsi para mahasiswa yang nantinya menjadi sarjana,” kata Alridiwirsah menandaskan.

Ketua pelaksana Workshop Bagi Dosen Pembimbing Skripsi Faperta UMSU, Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Universitas Muhammadyah Sumatera Utara, Ir. Asritanarni Munar, MP melaporkan Worskshop diikuti para dosen pembimbing skripsi lintas generasi, dari dosen mudan sampai dosen senior yang melakukan pembimbingan skripsi bagi para mahasiswa Faperta UMSU. (WM-02)

Berita Terbaru