Wanita Medan.com – Impian Zamil Muda Harahap (47) bersama istri Eliana Bintang (46) untuk bisa menunaikan ibadah haji akhirnya terwujud. Warga Tembung ini, bersama jemaah lainnya yang tergabung dalam kelom­pok terbang (kloter) 16 asal De­liserdang, bertolak menuju Tanah Suci.

Ditemui di sela-sela keberangkatan Kloter 16, Zamil mengaku sudah lama memiliki keinginan menunaikan Rukun Islam kelima. Dengan profesinya se­bagai pedagang salak, butuh waktu 20 tahun untuk mengumpulkan ongkos naik haji.

“Memang sudah lama ingin berang­kat haji. Jadi ini ongkosnya dari peng­hasilan jualan salak disisihkan sedikit-sedikit.

Jumlahnya tidak tentu, berapa yang bisa disisihkan dari uang belanja, segi­tulah disimpan. Ditambah pengha­silan istri,” ujarnya.

Zamil mengaku, salak yang dipasar­kannya ini bukan dari hasil dagang sen­diri. “Saya ambil sama orang lain, dan saya jual,”ujarnya.

Setelah tabungan dirasa cukup, ke­duanya mendaftarkan tahun 2011 si­lam. Penantian tersebut akhirnya bisa tercapai pada musim haji 1440H/2019 tahun ini. Ketekunan dan semangatnya, ayah tiga orang ini bisa menunaikan ibadah haji.

Dia mengaku selain menunaikan ke­wajiban Rukun Islam kelima, moti­vasi lainnya ingin beramal sebanyak-banyak­nya selagi mampu di Tanah Suci. “Semoga bisa terlaksana dan kami men­jadi haji yang mabrur dan mabru­roh,”im­­buhnya. (evi)

Loading...