by

USU, UNIMED, UIN SUMUT Kolaborasi Sosialisasi Jalur Mandiri

Wanita Medan . com – Universitas Negeri Medan (Unimed) berkolaborasi dengan Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Sumut) menggelar “Dialog Interaktif Seleksi Mandiri Tahun 2021 di USU, Unimed dan UIN Sumut.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan jalur seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh ketiga universitas tersebut. Kegiatan yang dilakukan secara daring selama 2 hari, 23 – 24 Juni 2021 itu menghadirkan narasumber Dr. Muhammad Surip, M.Si, CIO., (Kepala Humas Unimed), Amalia Putri, M.Psi., Psikolog (Kepala Humas USU), dan Yuni Salma, MM., (Kepala Humas UIN-Sumut).

Kepala Humas Unimed M. Surip dalam paparanya menjelaskan Jalur Seleksi Mandiri Unimed telah dibuka sejak 7 Juni dan akan ditutup pada 6 Juli 2021. Untuk pelaksanaan UTBK dilakukan pada 8 – 12 Juli 2021 di kampus Unimed dan sekolah mitra. Sedangkan pengumuman hasil ujian pada 17 Juli 2021.

“Lulusan yang bisa mengikuti adalah lulusan 3 tahun terakhir 2019,2020 dan 2021. Pendaftaran Unimed dilakukan secara online di laman http://sm.unimed.ac.id dan untuk panduan pendaftaran dapat dilihat di laman http://unimed.ac.id. Untuk biaya pendaftaran mandiri jurusan Sauntek/Soshum sebesar Rp250.000 dan Campuran Rp350.000. Bagi pemilih prodi yang memerlukan portofolio seperti seni dan olahraga maka dikenakan tambahan biaya portofolio sebesar Rp50.000,” kata Surip.

Jika ada kendala dalam pembayaran, tambah Dr Surip, dapat menghubungi langsung Unimed atau BNI Unimed.

“Ada yang baru di penerimaan mandiri Unimed tahun ini yakni rekognisi prestasi bagi siapa saja pendaftar yang mempunyai prestasi di nasional, daerah dapat menyertakan sertifikat sebagai bahan pertimbangan kelulusan,” tegas Dr Surip.

Selain regular, Unimed juga membuka jalur KIP Kuliah bagi Mandiri. “Jadi pendaftar KIP Kuliah jika dinyatakan lulus tidak membayar uang penyertaan tetapi hanya membayar uang pendaftaran/uang UTBK. Jika ada kendala dalam pendaftaran dapat menghubungi langsung Helpdesk Seleksi Mandiri Unimed di Lt.1 Gedung Pusat Administrasi Bagian Humas Unimed,” ujar Dr. M.Surip.

Peserta yang mengikuti secara virtual

Kepala Humas USU Amalia Putri mengatakan, pendaftaran Seleksi Masuk Mandiri (SMM) USU dibuka 7 – 30 Juni 2021. Lalu pelaksanaan UTBK 4 – 9 Juli 2021 yang disebar di 14 fakultas. Sedangkan pengumuman hasil untuk SMM : 17 Juli 2021 untuk S1 dan SPMPD D3 : 22 Juli 2021.

“Untuk biaya pendafatran S1 IPA/IPS sebesar Rp650.000 S1 IPC Rp750.000, dan biaya pendaftaran D3 IPA/IPS sebesar Rp500.000, dan IPC sebesar Rp600.000,-. Peserta dapat memilih 6 prodi sekaligus saat pendaftaran dengan rincian 3 prodi S1 dan 3 prodi D3. “Kami saat terbuka bagi adek-adek yang ingin berkesempatan kuliah di USU. Untuk pendaftarannya dapat melalui laman http://seleksi.usu.ac.id,” ujar Amalia.

Kepala Humas UIN Sumut Yuni Salma dalam paparannya mengatakan, pendaftaran jalur UM-Mandiri UIN Sumut dibuka pada 14 Juni – 06 Juli 2021. Pelaksanaan UTBK 13-14 Juli 2021 dan pengumuman hasil pada 18 Juli 2021.

Humas UINSU Yuni Salma

“Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengunjungi laman http://pmb.uinsu.ac.id , Biaya pendaftaran sebesar Rp250.000,-. Disaat pandemic ini semua kita lakukan secara online termasuk ujiannya yang akan dilaksanakan pada laman http://umm.uinsu.ac.id , untuk pembayaran pendaftaran dapat dilakukan di Bank BSI atau Bank Sumut dengan kode pembayaran 0108,” kata Yuni.

Untuk ujian masuk Mandiri UIN Sumut, kata Yuni, dapat dilakukan secara daring dari rumah masing-masing peserta. “Karena itu peserta harus memastikan koneksi internet dengan baik jangan sampai ada masalah tetapi biarpun koneksi terputus peserta juga masih bisa dapat melanjutkan ujian. Ujian hanya dapat dilakukan 1 kali kesempatan saja, tidak dapat diulang setelah diklik submit. Durasi ujian dibatasi hingga 90 menit, 1 kali sesi dengan 4 kategori soal yaitu IPA, Ilmu Pengetahuan Umum, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dengan jumlah soal 20 per kategori. Ujian akan diawasi secara langsung dari UIN Sumut untuk mencegah kecurangan. Kuota PMB UIN Sumut sebanyak 1631 mahasiswa baru,” katanya. ( evi)

Berita Terbaru