by

UTBK SBMPTN Unimed Sukses I 13.995 Peserta Lokal dan 587 Luar Sumut Bersaing Ketat

Wanita Medan. com – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) Minggu (5/7-2020) melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di seluruh perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Di Sumatera Utara Unimed dan USU menjadi dua universitas negeri yang menyelenggarakan UTBK sebagai syarat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN).

SBMPTN menggunakan hasil UTBK ini sendiri berlaku sejak 2019 dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Oleh karena itu, informasi mengenai UTBK menjadi bagian yang tidak terpisah dari SBMPTN.

Demikian rilis Koordinator Humas LTMPT Unimed M.Surip S.Pd, MSi pada wartawan saat pelaksanaan UTBK di Fakultas Bahasa dan Sastra Unimed, kemarin.

UTBK SBMPTN Unimed ditinjau langsung Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom M.Kes,Ketua Pelaksana WR I Dr. Restu MS,( WR II), Wakil Ketua Prof Manihar Situmorang MSc, (WR IV) Sekretaris Prof. Sahat Siagian M.Pd dan Bendahara Dr.Martina Restuati MSI (WR II).

Berbeda dengan pelaksanaan UTBK 2019, penyelengaraan tahun ini di saat seluruh dunia mengalami pendemi corona, sehingga tata tertib pelaksanaanya harus mengikuti protokol kesehatan.

Unimed sebagai PTN menerapkan secara ketat protokol kesehatan tersebut. Untuk ruangan  terlebih dahulu di sterilkan dengan penyemprotan disinfektan oleh petugas. Selain itu ada juga petugas yang mengawasi ujian sebanyak 678 orang dengan usia rata- rata 45 tahun.

Petugas sedang mensterilkan lokasi ujian

Begitu pula dengan calon mahasiswa yang mengikuti UTBK harus mencuci tangan sebelum masuk, memakai masker dan menjaga jarak satu dengan yang lainnya.

Selain itu, sesuai arahan Ditjen Dikti Kemdikbud dan Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia, untuk mengurangi resiko penyebaran infeksi Covid-19 dan mengutamakan keselamatan peserta dan penyelenggara, ada beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan LTMPT, diantaranya:

1. Pelaksanaan Tes UTBK per hari, diubah dari 4 (empat) sesi menjadi 2 (dua) sesi, dengan rincian perubahan waktu : (a) Sesi 1, pukul 09.00-11.15 Wib, dan (b) Sesi 2, pukul 14.00-16.15 Wib. Jeda waktu selama 2 jam 45 menit, digunakan untuk pelaksanaan protokol kesehatan saat pergantian sesi.

2. Tes UTBK akan dilaksanakan dalam dua tahap, yakni : (a) Tahap I, pada tanggal 5-14 Juli 2020, dan (b) pada tanggal 20-29 Juli 2020. Pengumuman akan disampaikan pada tanggal 20 Agustus 2020.

3. Materi Tes UTBK di ubah menjadi satu materi saja yakni TPS (tes potensi skolastik), TPS ini telah dirancang untuk mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan kuliah di PTN.

4. LTMPT menjadwal ulang dan merelokasi tempat tes, bagi peserta yang berasal dari luar provinsi lokasi tes UTBK.

Sementara peserta yang mengikuti UTBK Unimed ada 13.955 orang, (peserta regular ada 10.350 dan KIP K 3.605). “Total kapasitas yang kita siapkan itu ada 39.710, namun yang mendaftar hanya 35.14 %, ” kata rektor.

Rektor Unimed Syamsul Gultom sedang meninjau ujian

Dari jumlah pendaftar tersebut, ada 587 peserta dari luar Sumatera Utara, yakni berasal dari 19 provinsi yang ada di Indonesia, termasuk ada yang dari Malaysia. Namun karena kebijakan dari LTMPT, bagi peserta yang berasal dari luar provinsi lokasi ujian, maka akan direlokasi sesuai provinsi asal, walau ada sejumlah peserta asal luar Sumatera Utara yang tetap ikut tes UTBK di Unimed, karena mereka sudah di Medan 1-2 bulan yang lalu, yakni peserta yang berasal dari Aceh, Riau, Padang dan Kepri.

Prosesnya, kata Surif mereka mengusulkan ke LTMPT pada saat relokasi tempat tes UTBK beberapa hari yang lalu. “Kita sebagai panitia Pusat UTBK-SBMPTN, telah menerima surat rekomendasi izin pelaksanaan tes UTBK dari Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, dan suratnya langsung ditanda tangani Gubernur Sumatera. Kita juga telah meminta Tim Satgas Covid-19 PROVSU, untuk memberikan saran dan
masukan terhadap Pelaksanaan Protokol Kesehatan saat tes UTBK, ” jelas Surif.

Lokasi ujian UTBK di Unimed ada di 11 lokasi, yakni : UNIMED, PPs UMSU, UMA, UNPAB, UPU, MAN 1 Medan, SMKN 14 Medan, SMK S Tritech Medan, SMK S Al Fatah Medan, SMA S Teladan Medan dan SMK S Ar Rahman Medan.

Sedangkan kouta jalur SBMPTN di Unimed tahun ini adalah 50 % dari jumlah kouta yaitu : 3.549 orang, yang tersebar kedalam 51 Program Studi S1 (Sarjana), kalau jumlah Prodi S1 di Jalur SNMPTN dan SBMPTN, kita Unimed lebih banyak dari USU, karena dari data yang ada USU itu hanya 47 Program Studi. ( evi)

Berita Terbaru